Desa Sumbermalang - Dari Desa Untuk Negeri



Bondowoso merupakan salah satu nama kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak dibagian timur. Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang tidak memiliki wilayah laut (terkurung darat) dan terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Dinamakan Tapal Kuda karena bentuk kawasan tersebut dalam peta mirip dengan Tapal Kuda. Ciri khas kawasan ini adalah memiliki pegunungan, Gunung Ijen yang terletak di Bondowoso dan dihuni oleh Suku Madura dan Suku Jawa. Salah satu kecamatan di Kabupaten Bondowoso adalah Kecamatan Wringin. Kecamatan ini memiliki beberapa desa diantaranya Sumbermalang, Jatisari, Jambewungu, Gubrih, dll.
Desa Sumbermalang merupakan desa yang dijadikan tempat KKN 125 Universitas Jember melaksanakan pengabdian masyarakat. Di perkampungan dengan jumlah jiwa yang masih sedikit, perkiraan terbentuknya Desa Sumbermalang berawal dari waktu jaman penjajah yang pada saat itu di pimpin oleh Bujuk Kanoman, Jherengan, Beto Rambei, Arien, Slanah, Jeqob, dan Ghuntor.Desa Sumbermalang terletak pada wilayah dataran tinggi dengan area persawahan yang subur. Desa Sumbermalang memiliki luas wilayah +579,00 Ha.Dengan rincian luas tanahsawah169 Ha, Lahan tegalan 338Ha, dansungai 3,5 km .(ProfilDesa Sumbermalang, 2015).
Secara umum, mayoritas penduduk Desa Sumbermalang  merupakan penduduk asli yang turun-temurun dan hanya sebagian kecil yang merupakan pendatang. Jumlah penduduk Desa Sumbermalang  sampai akhir bulan Desember  2015 sebesar 2.881Dengan rincian penduduk berjenis kelamin laki-laki berjumlah 1423 jiwa, sedangkan berjenis kelamin perempuan berjumlah 1458 jiwa yang meliputi penduduk dari Dusun Krajan Utara Sungai, krajan Selatan Sungai, Sempol Utara, Sempol Tengah, Sempol Selatan, Sukojati, Tambelang, sedangkan jumlah KK di Desa tersebut sebanyak 1.340 (Laporan Kependudukan Desa Sumbermalang,Desember 2016).
Desa Sumbermalang memiliki Bidan Desa serta Perawat Desa yang lokasinya terletak di Balai Desa Sumbermalang khususnya di Dusun Krajan. Sedangkan untuk posyandu, Desa Sumbermalang memiliki 4 posyandu yang terletak di setiap dusun diantaranya 1 unit di Dusun Krajan, 1 unit di Dusun Sempol, 1 unit di Dusun Tambelang, serta 1 unit di Dusun Sukojati. Semua kondisi kesehatan yang ada di Desa Sumbermalang kondisinya dalam keadaan baik, baik itu kantor ataupun pelayanannya. 
Secara umum mata pencaharian masyarakat Desa Sumbermalang dapat teridentifikasi ke dalam beberapa bidang mata pencaharian, seperti: petani, buruh tani, pegawai negeri sipil, dan industri pangan. Kondisi sumber daya alam di Desa Sumbermalang mayoritas merupakan lahan pertanian seperti sawah, ladang ataupun kebun. Lahan tersebut kebanyakan berupa kebun yang ditanami tanaman singkong. Hasil produksi singkong di Desa Sumbermalang kebanyakan diolah menjadi kripik singkong yang pemasarannya sampai di Kota Bondowoso 
Selain potensi lahan pertanian / perkebunan, di desa sumbermalang juga memiliki potensi sebagai industri besek ikan dari bambu, Industri alat musik ketipung/hadrah, sapu ijuk, dll
Potensi di wilayah Desa Sumbermalang ini kurang terpublikasi sehingga banyak yang kurang mengetahui tentang potensi desa . Selain itu dalam hal manajemen desa, seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan, serta pengelolaan administrasi desa sangat diperlukan bagi kelancaran kegiatan pelayanan masyarakat desa. Misalnya tentang pentingnya data yang akan dibutuhkan serta data-data dokumen lain yang dibutuhkan oleh orang lain. Dengan adanya permasalahan tersebut maka perlu adanya program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas hidup dalam pelayanan masyarakat di Desa Sumbermalang. Program yang dapat dilakukan yaitu membuat program website desa id yang bertemakan "Dari Desa Untuk Negeri"

Posting Komentar

[facebook][blogger]

MKRdezign

Kritik dan Saran

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget